Kemenag Rohul Buka Manasik Haji Perdana di Rambah

Image
Wednesday, 06 April 2016 | 02:25:16 WIB 767

ROKAN HULU  – Tidak terasa waktu berlalu, waktu begitu cepat berputar, dan saat ini sudah dekat kembali dengan musim pelaksanaan ibadah haji. Ibadah Haji sebuah ibadah yang mendekatkan diri seorang hamba kepada Khaliqnya. Untuk itu, maka para Jamaah Calon Haji (JCH) mempersiapkan diri untuk menunaikan rukun Islam yang kelima itu.
 
Dalam kerangka itu, maka Sebanyak 56 JCH Kecamatan Rambah dan Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu, ikuti kegiatan Manasik Haji Perdana di Rohul, bertempat di Masjid Raya Pasir Pengaraian, Selasa  (5/4/2016), dengan jumlah peserta 56 orang, terdiri dari Kec Rambah 40 orang, dan Rambah Samo 16 orang.
 
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA di dampingi Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Rambah H Abdurrahman Jailani SAg Msy kepada wartawan media cetak dan elektronik menyatakan, manasik Haji ini merupakan yang perdana di Rohul untuk tahun 2016.
 
Dikatakannya, pada pelaksanaan manasik ini, pihaknya lebih menekankan pada pengetahuan seputar tata cara pelaksanaan ibadah haji mulai dari teorinya sampai dengan perakteknya, sehingga para JCH dapat menguasai ilmunya dan dapat melaksanakannya di lapangan ketika menunaikan ibadah haji nanti di Makkah dan Madinah.
 
Ibadah haji itu sudah tertentu aturan main dan pelaksanaannya, sehingga harus dilakukan sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Makanya tidak boleh dibuat-buat sembarangan, harus mengikuti sunnah yang telah digariskan oleh Nabi Muhammad SAW, dan inilah jalan yang tepat untuk menggapai Haji Mabrur, yang oleh Nabi disebut, Haji Mabruru tidakj ada balasannya kecuali surge.
 
Untuk itu maka para JCH akan diberitahukan tata cara pelaksanaan ibadah haji dari awal hingga akhiri, serta pengetahuan-pengetahuan seputara ibadah haji. Untuk itu, kami berharap kepada JCH yang mengikuti manasik ini bisa serius. Sehingga pengetahuan JCH bisa bertambah untuk modal pada pelaksanaan di tanah suci nantinya,” harap Ahmad Supardi.
 
Kemudian ditempat yang sama, Kepala KUA Rambah H Abdurrahman Jailani SAg Msy mengatakan, proses Manasik Haji ini merupakan yang perdana, untuk di Kecamatan Rambah ada 40 JCH. Proses Manasik ini akan dilaksanakan sebanyak tujuh kali, yang dilakukan setiap selasa, ditiap pekannya. Dengan begitu, proses Manasik di kecamatan Rambah dan Rambah Samo tinggal enam tahap lagi.

“ Kita melaksanakan Manasik ini kan atas tingginya permintaan JCH, makanya kita lakukan manasik. Antusias JCH Rambah sangat besar,”‎ tuturnya.

Jailani berharap, dengan dilaksanakana Manasik ini, dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang ibadah haji, sehingga JCH Kecamatan Rambah ketika melaksanakan ibadah haji di tanah suci kota Makkatur Mukarromah tidak bingung dan mendapat haji yang Mabrur.(fr/rls)


Sumber :

Laporan :

Editor : 0


loading...