Menjaga Wilayah Kedaulatan NKRI, 299 Personel TNI Jaga Natuna

Image
Friday, 25 March 2016 | 10:55:15 WIB 1185

INDONESIA - Akhir-akhir ini, hubungan Indonesia-China kian memanas, apalagi negara Tirai Bambu itu sempat mendesak pemerintah Indonesia untuk melepaskan salah satu kapalnya yang ditahan pemerintah Indonesia karena memasuki perairan di kepulauan Natuna.

 
Untuk menjaga kedaulatan Republik Indonesia, Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan mengirimkan Tim Ekspedisi Gurindam Sakti.
 
Dalam tim tersebut, sebanyak 299 personil TNI dilibatkan.
 
Tim yang diturunkan ini berasal dari Makorem 033/Wira Pratama, tugasnya  menjaga Pulau Natuna, di Kepulauan Riau.
 
"Pasukan yang diturunkan ini agar dapat melaksanakan tugas dengan tulus, ikhlas, dan penuh dedikasi serta semangat yang tinggi," kata Panglima Kodam I/BB, Mayor Jenderal TNI Lodewyk Pusung lewat siaran persnya, Kamis (24/3/2016).
 
Menurut Pusung, tujuan dilaksanakannya ekspedisi Gurindam Sakti ini antara lain untuk mendata dan memetakan wilayah terpencil yang ada di Kepulauan Natuna.
 
Apalagi, belakangan ini Pulau Natuna yang merupakan wilayah Kodam I/BB tengah diganggu oleh pihak luar.
 
"Pulau-pulau terluar kita ini semuanya harus dijaga. Agar tidak diusik oleh negara lain," katanya.
 
Ia menjelaskan, personel yang diturunkan ini akan melakukan ekspedisi dan mengamankan wilayah Natuna, yaitu Pulau Sedanau, Pulau Midai, Pulau Serasan, Pulau Ranai, Pulau Laut.
 
Bukan hanya wilayah Natuna, sebanyak 299 personel ini juga akan ditugaskan menjaga wilayah Bintan.
 
Adapun wilayah Bintan memliputi Pulau Penyengat, Pulau Numbing, Gunung Bintan, Pulau Daik, Pulau Benan, Pulau Berhala, Pulau Dabo, dan Pulau Pekajang.
 
Kemudian, dilanjutkan ke wilayah Batam, yaitu Pulau Galang, Pulau Buluh, Pulau Bulang Lintang, Pulau Sambu, Pulau Kasu, Pulau Terong, Pulau Nipah dan Di wilayah TBK yaitu Pulau Papan, Pulau Parit, Pulau Kundur, Pulau Ngal, Pulau Iyu Kecil, Pulau Karimun Kecil, dan Pulau Gunung Jantan.
 
"Kita tahu sendiri seluruh wilayah Kepualuan Riau, dimana wilayah daratannya hanya 5 % dari total seluruhnya, sisanya merupakan lautan,"  katanya.
 
Kepulauan Riau terdiri dari 2.408 pulau besar dan kecil, baik yang sudah berpenduduk maupun yang belum berpenduduk. Ini harus kita jaga kedaulatannya.
 
(nusapos.com/Andra/rls)


Sumber :

Laporan :

Editor : 0


loading...
Post
Nasional
Post
Nasional

Harga Minyak Dunia Kembali Turun

1 tahun yang lalu 761
Post
Nasional
Post
Nasional
Post
Riau
Post
Adv Pemprov Riau