Surau TV

Banner

Gedung Daerah Riau Beralih Jadi Gedung Evakuasi Korban Asap

Image
Saturday, 24 October 2015 | 16:45:43 WIB


PEKANBARU - Gedung Daerah Pemerintah Provinsi Riau di Pekanbaru akan dialihkan sementara menjadi gedung evakuasi untuk para korban bencana asap dampak kebakaran lahan gambut yang melanda sebagian besar wilayah ini sejak tiga bulan terakhir.

"Ini merupakan tindaklanjut permintaan pemerintah pusat dan gubernur untuk segera menyediakan ruang evakuasi bagi korban asap," kata Kepala Dinas Kesehatan Riau Andra Sjafril lewat sambungan telepon, Sabtu (24/10/2015) sore.

Ia mengatakan, Dinkes Riau menyiapkankan ruang pemeriksaan dan 3 orang dokter yang didatangkan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Medan.

Kemudian, lanjut dia, KKP Batam juga akan menyiapkan salter untuk ruang isolasi yang akan di tempatkan di Kantor Dinas Bina Marga Provinsi Riau, berlokasi di Jalan Muhammad Amin, Pekanbaru .

Menurut Andra juga akan disiapkan dapur umum di sekitar Gedung Daerah  tepatnya Ruang Serindit. "Di sini sudah disiapkan karpet atau hambal sebagai tempat evakuasi," katanya lagi.

Kemudian menurut informasi yang diterima, Rumah Sakit Umum Daerah Petala Bumi Pekanbaru juga telah menyiapkan tabung oksigen besar dan kecil khusus untuk pasien yang mengalami gangguan pernafasan akibat polusi asap.

Selain itu, kata Andra, Pemerintah Kota Pekanbaru juga telah menyediakan tiga ruangan sebagai tempat evakuasi khusus balita, yakni di Puskesmas Sidomulya, Puskesmas Tenayan Raya, dan Puskesmas Riau Pesisir.

Andra mengatakan Tim Satuan Tugas Kesehatan telah mempersiapkan segala kebutuhan, dibantu dua rumah sakit, RS Arifin Ahmad dan RS Petala Bumi, baik oksigen, peralatan kesehatan, maupun tenaga medis.

Untuk kebutuhan obat-obatan, kata Andra, pemerintah Riau sudah mengajukan permintaan tambahan kebutuhan obat-obatan kepada Kementerian Kesehatan.
Sejauh ini kata Andra, persediaan obat-obatan di setiap posko kesehatan mulai menipis, terutama obat batuk untuk anak-anak dan parasetamol. "Kami sudah ajukan tambahan obat ke Kementerian," ujarnya. (***)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...
Post

Jangan Ada Korban Lagi !

4 tahun yang lalu
Post

Gaza Bantu Riau

4 tahun yang lalu