Surau TV

Banner

Warga Pekanbaru: "Ya Alloh, Apa Dosa Kami? Kabut Asap Masih Ada Pagi Ini"

Image
Monday, 19 October 2015 | 04:05:52 WIB


Pekanbaru - Bencana Nasional kabut asap semakin pekat di Pekanbaru pagi ini. jarak pandang di jalan-jalan utama Pekanbaru, berkisar 50 - 60 meter saja. Hampir semua pengencara kendaraan roda dua dan empat yang terburu-buru harus berangkat ke tempat kerja masing-masing, terpaksa harus memperlambat laju kendaraannya.  

Beberapa orang masyarakat Pekanbaru sempat terperanjat dan nampak keluh kesah di raut wajah mereka, ketika menyaksikan pagi Senin ini, kabut asap kembali pekat. Masyarakat yang masih menggunakan masker, terlihat di sepanjang jalan Harapan Raya. Namun masih ada beberapa orang yang belum menggunakan masker sebagai upaya agar tidak terhirup kabut asap.

Beberapa orang warga Pekanbaru menuturkan seperti ini, "Ya Alloh, Apa Dosa Kami?"  Ekspresi wajah dan perkataan mereka sudah menunjukkan betapa lelah dan jenuhnya mereka mengalami kehidupan sehari-hari di Pekanbaru diteror oleh kabut asap yang mengancam kesehatan dirinya, anak-anaknya, orang-orang tua lanjut usia, serta penderita
sakit pernapasan.

Kondisi seperti ini memerlukan reaksi cepat tanggap dari kita semua, termasuk peran pemerintah kota dan propinsi dalam mengantisipasi'serangan' kabut asap ini.   

Display ISPU Konsentrat Partikulat PM 10 yang terletak di jl. Sudirman Pekanbaru, sudah menunjukkan status berbahaya. Angka kisaran ISPU status sangat tidak sehat ini, berkisar 300 gram/m3.

Sampai berita ini ditampilkan, belum diketahui kabut asap kali ini disebabkan oleh kebakaran lahan atau hutan dari daerah atau propinsi mana.  Saat ini, Jambi sudah menempati status berbahaya, dengan angka di atas 1000.


(nusapos.com/Andra)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...