Surau TV

Banner

Riau Belum 'Merdeka' dari Asap, Satelit Deteksi 315 Titik Panas di Sumatera

Image
Thursday, 15 October 2015 | 12:15:45 WIB


Pekanbaru- Beberapa kawasan di Provinsi Riau, Kamis (15/10/2015) pagi, masih diselimuti kabut asap. Bahkan akibat jerebu ini, jarak pandang di Pelalawan hanya berkisar 600 meter. Paparan asap tersebut, sebagian masih merupakan kiriman dari provinsi tetangga.


Walau tidak begitu parah bila dibanding beberapa pekan belakangan, namun kabut asap terpantau masih cukup menganggu aktivitas sejumlah daerah, seperti Pekanbaru, Dumai, Rengat dan Pelalawan. Dikawasan ini, jarak pandang berkisar mulai dari 3.000 meter dan terendah 600 meter.


Kabut asap yang melanda Riau, sebagian disebabkan kiriman dari provinsi tetangga yang banyak terdapat titik panas. Bahkan menurut pantauan satelit, Kamis pagi ini saja ada sekitar 315 titik panas atau hotspot, yang masih didominasi Provinsi Sumatera Selatan.


"Di Sumsel titik panas ada 221 titik, Jambi 28 titik panas, Riau empat titik panas dan Lampung satu titik panas. Untuk Riau, empat titik panas itu keseluruhannya terdapat di Kabupaten Inhil," sebut kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Sugarin.


Walau kualitas udara tidak lagi pada level berbahaya, namun sebagian wilayah Riau belum sepenuhnya terbebas dari bencana asap yang tercatat sudah melanda Riau selama tiga bulan belakangan. "Ini masih berasap walau intensitasnya mulai bekurang. Kita minta warga agar tetap menggunakan masker," sebut Sugarin. (goriau)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...